Minggu, 21 Oktober 2018

(REVIEW BUKU) Menajamkan Otak dengan Shalat

I really love this book. Really really love this book. Aku membacanya sampai berulang - ulang kali dan gak pernah ada matinya buku ini. Selalu membuatku kagum. Manfaatnya benar - benar luar biasa, kalian bisa memahami Islam dengan pengaitan Sains dan yang pasti akan menambah keimanan kalian. Karena itu aku ingin membagikan manfaat buku ini dengan mereview buku ini untuk kalian semua pembaca setia blog saya. Beberapa kali aku juga meracuni pikiran teman - teman saya untuk ikut membaca buku ini, dan respon mereka semua terkagum - kagum akan isi bukunya. Mereka bilang "Aku jadi ingin shalat terus..." Tanpa perlu basa basi lagi, yuk langsung saja kita simak review bukunya :


Judul buku : Menajamkan Otak dengan Shalat
Penulis : M. Syafii Masykur
Penerbit : Citra Risalah
Tahun terbit : 2012
Cetakan ke : 1
Tebal buku : 166 halaman
Buku yang ditulis oleh seorang penulis hebat ini menyajikan kajian Islam dengan sudut pandang Sains. Saya selalu suka dengan pembahasan semacam ini. Karena dengan paham Islam bukan hanya diterima melalui doktrinasi tapi juga dapat dipahami melalui logika akal. Subhanallah, pembahasan semacam ini selalu berhasil membuat saya tercengang, terheran - heran. Begitu kerennya Allah dengan rahasia ilahinya.
Menurutku penulisnya genius si. Bab dibuka dengan penjelasan tentang "Otak Manusia" terlebih dahulu. Diaj menjelaskan Otak manusia dan bagian bagiannya dengan menggunakan bahasa yang lugas dan istilah - istilah yang mudah dipahami. Saya yakin, kalian yang bahkan gak suka biologi pun akan memahami tulisan beliau.
Baru di bab kedua, beliau menerangkan tentang "Dahsyatnya Sholat". Diawali dengan penjelasan keajaiban sholat subuh. Sepemahaman aku, bahwa apa yang tertulis menerangkan kenapa Allah menentukan waktu waktu sholat fardhu itu seperti yang telah ditentukan sekarang? Itu pasti ada alasannya. Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah gaes. Tiap tiap waktu sholat itu adalah waktu peralihan seperti waktu subuh yang merupakan waktu peralihan dari malam menuju pagi. kemudian dhuhur adalah waktu peralihan dari pagi menuju siang. Ternyata yang lebih mengejutkan setiap waktu peralihan mempunyai rahasia alam masing - masing.
Waktu subuh misalnya, konon pada waktu ini konsentrasi ozon sangat tinggi dan akan terus menipis seiring perubahan waktu. Gas ozon hanya bisa diserap ketika tubuh bangun dan bergerak, dan sholat adalah cara terbaik menyerap gas tersebut, terutama saat kita sujud. Tubuh kita benar benar membumi. Pada waktu ini pula, melambangkan perubahan warna alam biru muda yang frekuensinya sama dengan spektrum tiroid yang berfungsi untuk metabolisme tubuh. Konon warna biru muda ini sebagai penawar atau rezeki dan komunikasi. Makanya orang zaman dulu sering bilang, "jangan bangun kesiangan, nanti rezekinya dipatok ayam". Ternyata hal itu bukan mitos belaka ya.
Buku ini begitu luar biasa, hanya satu kekurangannya yaitu tidak mencantumkan biografi penulisnya. Padahal saya begitu penasaran dengan latar belakang si penulis. Ingin rasanya menghubungi dia juga via email atau sosial media lainnya untuk mengapresiasi tulisan beliau. Tulisan beliau benar - benar bermanfaat, semoga beliau mengeluarkan buku - buku semacam ini lagi.

Sekian review buku dari saya. Sengaja tidak saya cantumkan semua keutamaan waktu shalat. Kenapa? agar kalian merasakan sendiri sensasi luar biasa yang akan kalian rasakan ketika membaca buku ini. Dijamin, iman semakin meningkat dan rasa ingin taubat muncul. Jadi tunggu apa lagi, ayo baca buku ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar