Kamis, 07 Februari 2019

Di Balik Gemerlap Dunia

Ketika dalam hal dunia kita memandang ke atas, tentu banyak orang - orang yang membuatmu iri. Hidup mereka begitu mudah, begitu indah. Bergelimang harta, pangkat tinggi. Sementara kamu bukan apa - apa. Hmm...apakah hidup ini adil?
Coba pandang hidup mereka dari sisi lain. Coba perhatikan lagi. Mereka tak selamanya berkelebihan. Ada hal yang membuat mereka kurang, itu pasti.
Ada hal yang mungkin membuat mereka frustasi.
Hanya saja...kau menutup diri untuk melihat hal ini.
Kau hanya melihat ia dari sisi indahnya, padahal setiap yang indah juga mempunyai bagian terluka meski hanya sekedar saja.
Allah itu adil, manusia satu diberi kemudahan dalam mencari rizki sampai ia bisa menimbun hartanya namun di sisi lain ia mempunyai anak yang "spesial", membutuhkan perhatian khusus, membutuhkan perawatan khusus dan itu bukan perkara yang sedikit biayanya.
Jadi Allah adil kan?
Bayangkan jika Allah tidak memberikannya kemudahan rizki, ditambah dengan ujian yang seperti itu, apa ia tidak semakin jatuh?
Ada juga manusia yang memang kesulitan dalam mencari rizki. Uang pas - pasan, bahkan untuk makan pun kadang harus ngutang. Tapi, dia dikarunia keluarga yang lengkap, yang sehat dan yang menerima. Mereka ceria dan tak pernah mengeluh akan keadaan. Mereka bisa memahami dan tidak memberi tuntutan.
Lalu apa lagi yang belum membuat bahagia? Bukankah harta yang paling berharga adalah keluarga?
Allah memang the best planner. Setiap sesuatu direncanakan dengan detail. Dia adil. Maka disatu sisi seseorang diuji, disisi lain ia diberkahi.
Maka jangan hanya memandang orang dari sisi indah sehingga membuatmu merasa iri dan tidak diadili oleh Maha Kuasa,
lihat mereka juga dari sisi ujiannya, maka kau akan selalu merasa bersyukur.
Semoga bisa menjadi renungan.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus