Senin, 17 Desember 2018

Jangan Berteman Dengan Mereka yang Membicarakan Keburukan Orang

Pernah bertemu dengan orang yang hobinya menguliti orang lain? Maaf di sini saya memakai istilah menguliti. Istilah ini saya pinjam dari teman saya. Tapi tepat juga istilah ini dipakai untuk mendefinisikan orang orang yang mempunyai hobi membicarakan keburukan orang lain. Jangankan keburukan yang nampak di depan mata, sudah baikpun masih dicari cari kesalahannya. Seolah mereka adalah orang paling suci. Wow, aku merasa amazing sekali pada mereka.
"Gajah dipelupuk mata tak nampak, semut diseberang lautan nampak". Mungkin seperti itu pepatah yang tepat. Orang seperti itu meskipun bersalah mereka selalu mencari pembelaan, jadi seolah olah mereka tidak bersalah. Sekali lagi, mereka orang suci gaes. Pintar beralibi.
Kalian males banget tidak si, dengan orang orang yang semacam ini. Kalau aku pribadi, telingaku sampai panas kalau dengar mereka "menguliti" keburukan orang lain. Apa apa dikomentari. Kerudung baru dikomentari. Dandanan dikomentari. Status dikomentari. Pokoknya bawaannya komentar terus. Aduh, mbak situ kurang kerjaan apa nganggur si? Tidak ada pembahasan yang lebih berfaedah apa?
Daripada sibuk mengomentari hidup orang lain, mending urusin hidup sendiri. Hidupnya sendiri aja belum benar. Mau benerin hidup orang lain? Anda waras?
Lalu, kalau kalian bertemu dengan orang macam ini apa yang akan kalian lakukan? Saran saya, pertama yang harus kalian lakukan adalah jangan direspon omongan mereka. Maksudnya, kamu cukup dengerin aja yang mereka katakan. Jangan menambah nambahi, hal ini hanya akan membuat mereka semakin menjadi jadi. Merespon dengan anggukan saja cukup efektif untuk menghentikan omongan tidak penting mereka. Ini terbukti, karena aku sering melakukannya. Hehe
Kedua, jangan banyak bergaul dengan mereka. Orang orang seperti mereka hanya akan membawa aura negatif gaes. Pasti bawaannya gak mood aja tiap dengar omongan mereka. Jangan terlalu terbuka juga dengan orang macam mereka. Karena yang saya amati, orang seperti mereka ini bermuka dua gaes. Sama kamu keliatannya dia manis, di belakang kamu pasti juga menjadi bahan untuk "dikuliti". Mereka pintar memaniskan kata. Omegot, dongkol gak si.
Ketiga, berkumpullah dengan orang orang yang membicarakan impian bukan gosip murahan. Hal ini akan membuat hidupmu lebih maju. Paling tidak kau juga akan tergerak untuk bermimpi. Mereka yang membicarakan orang lain karena tidak punya impian gaes. Atau berkumpullah dengan mereka yang selalu bertindak nyata untuk mencari solusi, bukan hanya mengomentari.
Keempat, maklumilah mereka. Hidup mereka mungkin penuh kesedihan, jadi mereka mencari kebahagiaan dengan cara semacam itu.
Jika kalian merasa bagian dari orang yang masih suka membicarakan keburukan orang lain, dan repot repot mengurusi hidup orang lain, yuk mulai sekarang berubah. Jangan membawa aura negatif pada orang orang sekitarmu. Mulai sekarang bawa aura positif pada mereka dengan banyak membicarakan mimpi dan solusi.

6 komentar:

  1. biasa setiap tempat ada orang2 kayak gitu,
    Mampir ke blog saya juga gan kelimpit.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,memang mereka adalah ujian bagi yang lainnya.hehe
      siap, sudah meluncur ke blog anda.Btw, terimakasih sudah mampir

      Hapus
  2. Balasan
    1. terimakasih pujian. Masih perlu banyak belajar

      Hapus