Senin, 17 Desember 2018

Berusaha, Tapi Coba Baca Lagi Hikmahnya

Sebagai manusia, Tuhan memang selalu memerintahkan kita untuk berusaha. Usaha banyak macamnya. Meraih impian butuh usaha, mendapatkan uang butuh usaha, mendapatkan jodoh pun butuh usaha. Segala yang ingin kita dapatkan butuh diusahakan.
Allah berfirman bahwa Dia tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali dirinya sendiri yang mengubahnya dengan usaha. Sudah jelas, bahwa Allah memberikan sesuatu untuk kita tergantung apa yang kita usahakan. Usaha adalah kewajiban. Jika kau berpangku tangan, maka pasrah saja terhadap apa yang akan kau dapatkan.
Terkadang ada saat di mana, meskipun kita sudah berusaha, tapi kita belum mendapatkan hasilnya. Di saat inilah kita diperintahkan untuk bersabar. Allah sedang menguji kita. Allah ingin melihat kegigihan usaha kita. Karena Allah sedang menyiapkan sesuatu yang lebig besar dari yang kau harapkan.
Namun, ada juga saat di mana, meskipun sudah benar - benar kita usahakan, jatuh bangun kita upayakan, mati - matian kita perjuangkan, tapi belum kita dapatkan. Kita sudah melewati fase bersabar, kemudian kita mencoba bangkit untuk kembali berjuang. Lalu gagal lagi. Begitu, siklus terjadi berkali - kali. Mungkin saat itulah kau harus sadar, bahwa Allah menginginkan kau menerima takdir lain yang telah Dia persiapkan.

Essie, 17 Desember 2018

2 komentar:

  1. Luar biasa..
    Kalau berkenan baca juga tulisan saya di
    https://www.arsipkomodo.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung.
      siap, akan segera berselancar ke blog anda

      Hapus